Macam-macam Peralatan Power Tools Yang Perlu Anda Ketahui

Macam-macam Peralatan Power Tools Yang Perlu Anda Ketahui – Dalam melakukan sebuah perbaikan kendaraan, ada berbagai macam peralatan power tools yang dapat Anda gunakan. Namun, apa toh power tools ini?

Power tools merupakan berbagai jenis peralatan yang menggunakan bantuan tenaga lain selain dari tenaga otot manusi. Alat-alat yang menggunakan bantuan sebuah tenaga manusia di sebut dengan hand tools.

Dalam melakukan sebuah perbaikan kendaraan, ada  beberapa hal yang tidak bisa di lakukan dengan mengandalkan tenaga manusia saja. Oleh karena itu, Anda memerlukan sebuah bantuan dari macam-macam peralatan dari power tools, untuk dapat melakukan sebuah perbaikan kendaraan.

Melalui artikel ini, Anda akan memberikan informasi penting mengenai Macam- macam Peralatan Power Tools Yang Perlu Anda Ketahui. Kami juga akan memberikan penjelasan mengenai fungsi dari masing-masing power tools yang bisa Anda simak di bawah ini.

Apa Saja Macam-macam Power Tools

Berikut di bawah ini 8 macam dari peralatan power tools yang bisa di mandaatkan untuk melakukan sebuah perbaikan kendaraan, antara lain:

1. Portable Drill (Bor Tangan)

Peralatan power tools yang pertama dan dapat di gunakan dalam perbaikan sebuah kendaraan adalah portable drill atau yang bisa di sebut dengan bor tangan. Portable drill ini memanfaatkan sebuah tenaga listrik yang berfungsi untuk melubangi suatu permukaan.

Baca Juga :  Perbaikan Sistem Pemasukan Dan Pembuangan Sepeda Motor 4 Tak

Serta biasanya, portable drill ini di gunakan ketika Anda ingin menancapkan paku pada permukaan yang keras seperti tembok atau kayu. Akan tetapi, dalam sebuah perbaikan kendaraan, portable drill ini dapat di gunakan untuk memperbaiki bagian kendaraan yang mengalami sebuah kerusakan.

 

2. Air Drill (Bor Angin)

Selain portable drill, ada juga air drill yang dapat di gunakan untuk memperbaiki sebuah kerusakan yang Anda pada kendaraan Anda. Hal yang membedakan antara portable drill dengan air drill adalah sumber tenaganya saja.

Pada portable drill, bor ini memanfaatkan sumber tenaga dari arus listrik. Sedangkan pada air drill memanfaatkan sumber tenaga dari tekanan angin pneumatik untuk dapat menggerakannya.

Baca juga: Pengertian Jenis Dan Fungsi Dari Special Service Tools

3. Electric Impact Wrench

Electric impact werench merupakan power tools yang dapat di gunakan untuk melepaskan dan mengencangkan baut dan mor dengan mudah. Selain itu, bentuk dari electric impact werench ini mirip dengan portable drill. Hanya saja pada bagian ujung yang ada pada electric impact werench di sesuaikan dengan bentuk dari permukaan baut.

Baca Juga :  Rekomendasi Handphone iPhone Terbaru 2024

4. Air Impact Wrench

Sama halnya dengan portable drill dan air drill, air impact wrench atau pengunci baut ini juga memiliki 2 tipe yaitu elektrik dan pneumatik. Selain itu, air impact wrench menggunakan sumber tenaga dari angin pneumatuik untuk melonggarkan dan mengunci baut atau mor pada kendaraan Anda.

5. Pneumatic Screwdriver (Obeng Pneumatik)

Memiliki fungsi yang hampir sama dengan impact wrench, pneumatic screwdriver ini  juga dapat di gunakan sebagai alat untuk melepaskan dan memasang sebuah sekrup. Anda tidak perluh repot-repot menggunakan obeng manual yang dapat memakan waktu yang cukup lama untuk melepaskan atau memasang sebuah sekrup. Cukup Anda gunaka alat ini untuk melepaskan atau memasang sebuah sekrup dengan cepat dan mudah.

6. Tyre Pressure Gauge

Tyre pressure gauge merupakan sebuah alat dari power tools yang berfugsi sebagai alat untuk meriksaan sebuah tekanan udara pada ban kendaraan. Dengan adanya alat ini, Anda dapat dengan mudah mengetahui kapan ban kendaraan Anda harus di isi. Serta dengan adanya alat ini Anda juga dapat mengetahui mengenai seberapa besarnya sebuah tekanan udara yang di butuhkan pada ban kendaraan Anda.

Baca Juga :  Proses-Proses Mesin Konversi Energi

7.  Air Gun

Dalam melakukan sebuah perawatan pada kendaraan, Anda bisa memanfaatkan air gun atau yang biasa di sebut dengan air duster. Power tools yang memiliki fungsi untuk membersihkan sebuah kotoran pada kendaraan. Terutama kotoran yang terletak pada bagian yang sulit di jangkau oleh Anda. Cara kerja alat ini yaitu dengan memanfaatkan sebuah tekanan angin pnuematik yang di semprotkan olehnya.

8. Spray Gun

Peralatan power tools yang terakhir serta dapat Anda manfaatkan untuk memperbaiki sebuah kendaraan adalah spray gun. Alat ini merupakan sebuah alat yang dapat di gunakan untuk menyemprotkan cat pada bagian body kendaraan Anda agar hasil dari proses pengecatan ini merata dengan sempurna.

Baca juga: Jenis Dan Fungsi Dari Hand Tools

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan kepada Anda mengenai Macam-macam Peralatan Power Tools Yang Perlu Anda Ketahui yang dapat Anda gunakan dalam kegiatan perbaikan dan perawatan kendaraan Anda.